ARTIKEL | DETAIL

photos

Wawancara Eksklusif bersama dr. Lukman Hakim M, SpOG (K) MARS, Owner RSIA Nuraida

Siapa yang tidak mengenal sosok dokter senior yang satu ini, dokter Spesialis Obgyn yang juga Konsultan Fertilitas dan Endokrinologi Reproduksi sekaligus Owner RSIA Nuraida tersebut merupakan salah satu dokter terbaik di Bogor maupun di Indonesia.


Kesempatan langka ini dimanfaatkan oleh Tim Bogor Daily untuk mengulas banyak sekali pengetahuan seputar RSIA Nuraida dan seputar dunia Obgyn. Yuk sama-sama kita simak artikel wawancara eksklusif bersama dr. Lukman Hakim M SpOG (K) MARS berikut ini :

*1. Mengapa banyak kasus pasangan suami istri yang sulit mempunyai anak Dok ???…*
Jawaban :
√ Tidak bisa hamil atau tidak bisa mempunyai anak, bisa dikatakan adalah sebuah penyakit. Menurut keterangan dari American Association Medicine, jika ada pasangan suami istri yang sudah menikah selama satu tahun tetapi tidak bisa hamil dan tidak dikarunia anak, maka itu bisa dikatakan sebagai penyakit. Adapun persentase ketidaksuburan dari laki-laki sebesar 35 persen, ketidaksuburan dari perempuan sebesar 55 persen dan sebesar 10 persen dari faktor tidak diketahui.

*2. Secara medis, apa yang menyebabkan pasangan suami istri tersebut tidak bisa hamil ???…*
Jawaban :
√ Ya, menurut data yang saya pegang dari sumber yang valid, dijelaskan bahwa selama 50 tahun terakhir ini, memang kualitas sperma pria di dunia ini menurun drastis. Banyak kasus suami azoospermia, dibuktikan saat ejakulasi dan hasil medis menyebutkan bahwa pria tersebut tidak mempunyai sperma.

*3. Sebagai seorang dokter Obgyn terkemuka, hal paling tersulit apa yang pernah anda alami dan paling berkesan menurut anda ???…*
Jawaban :
√ Didalam dunia medis, semua rujukan adalah data. Salah satunya adalah data literatur dunia yang menyebutkan bahwa kasus miom terberat terjadi di Italia, dimana terdapat kasus miom sebanyak 35 buah. Nah, yang pernah saya alami sendiri, saya pernah menangani salah satu pasien dengan kasus miom sebanyak 71 buah untuk proses operasi sekali angkat. Itu yang paling tersulit dan berkesan ya.

*4. Berkarir sebagai seorang dokter tentu mempunyai prinsip yang dipegang teguh. Prinsip apa yang anda pegang dalam melayani setiap pasien Anda Dok ???…*
Jawaban :
√ Sedari muda dan sejak menjadi dokter spesialis Obgyn ini, ada tiga prinsip yang saya pegang teguh yaitu :

Pertama,
Persalinan secara normal terus diupayakan dengan maksimal.

Kedua,
Operasi Cesar tetap dicegah.

Ketiga,
Jika ada potensi masalah, maka kita akan kembali kepada prinsip poin pertama dan prinsip poin kedua.

*5. Apa harapan pribadi anda sebagai dokter Obgyn ???…*
Jawaban :
√ Harapan pribadi saya sebagai seorang dokter Obgyn adalah berharap terus membantu setiap pasangan suami istri untuk bisa memiliki keturunan, terus melakukan usaha sampai maksimal dan saya lebih mengedepankan intervensi gizi agar dapat segera hamil.

*6. Ketika memang sudah hamil dari proses penantian panjang pasangan suami istri, apa yang harus benar-benar dijaga Dok ???…*
Jawaban :
√ Yang wajib dijaga dan dikedepankan oleh pasangan suami istri yang telah lama menanti untuk hamil adalah jaga asupan gizi secara baik dan simultan. Menjaga agar tidak keguguran, karena salah satu faktor keguguran disebabkan oleh kualitas sel telurnya rendah karna gizi kurang baik.

*7. Apa cita-cita dan harapan anda untuk RSIA Nuraida ???…*
Jawaban :
√ Nama Nuraida diambil dari nama Ibu saya. Rumah Sakit Ibu dan Anak Nuraida ini adalah mimpi besar yang Allah Azza Wajalla wujudkan di usia senja saya. Semoga RSIA Nuraida menjadi Rumah Sakit dambaan masyarakat dengan pelayanan yang komprehensif terutama bagi kesehatan reproduksi dan kesuburan pasangan suami istri. Cita-cita sekaligus harapan jangka panjang bagi RSIA Nuraida adalah dapat berjalannya program Bayi Tabung dalam jangka waktu dua sampai tiga tahun mendatang.

Jangan sampai harapan hanya sebatas angan. Wujudkan kehadiran buah hati bersama kami, dengan Program Unggulan Klinik Program Ingin Punya Anak (KIPPA)