ARTIKEL | DETAIL

photos

KISAH SUKSES ( Kista Ovarium Permagna atau Giant Ovarian Cyst)

KISAH SUKSES ( Kista Ovarium Permagna atau Giant Ovarian Cyst)

“ Dokternya menjelaskan dengan detail dan menenangkan pasien,sehingga saya tidak takut untuk menjalani operasi….” Sekilas cuplikan dari perbincangan sore tim kami Bersama Ny.X pasien Post Operasi Laparatomi dengan dr.Lukman Hakim Muchsin,SpOG (K) MARS. Beliau merupakan salah satu pasien di RSIA Nuraida yang di diagnosa kistoma ovarii permagna.

3 tahun setelah pemeriksaan yang dilakukan Ny.X di salah satu Rumah Sakit dibogor,Ibu dari satu anak ini pada saat itu sudah di diagnosa oleh dokter bahwa terdapat kista di salah satu Ovariumnya, namun ukuran kista tersebut belum sebesar sekarang, tanpa rasa khawatir Ny.X belum memutuskan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan hanya mengkonsumsi obat herbal sebagai bentuk ikhtiar dalam pengobatan.

Semakin hari ia mulai merasakan perubahan ukuran pada perutnya dan mulai muncul rasa sakit. Pada saat itu beliau sempat melakukan pemeriksaan Ultrasonografi (USG) di salah satu Rumah Sakit di Kota Bogor . Hal yang sama, Ny.X belum memutuskan untuk mengambil Tindakan lebih lanjut terhadap kista yang dideritanya. Rasa sakit mulai sering muncul pada bagian perut dan ukuran perutnya semakin membesar pada saat itu juga salah satu kerabat beliau menyarankan untuk periksa ke dr.Lukman Hakim Muchsin,SpOG(K) MARS. Dokter Lukman Hakim adalah salah satu dokter Konsultan Fertility & Endokrinologi di RSIA Nuraida , beliau mengasuh Klinik Ingin Program Punya Anak (KIPPA ) sejak tahun 2010 hingga sekarang.

Dengan kondisinya saat itu ,akhirnya Ny.X memutuskan untuk ikhtiar periksa ke dr.Lukman Hakim,dari hasil pemeriksaan tersebut Ny.X di diagnosa kistoma ovarii permagna (Giant Ovarian Cyst) dimana ukuran kista yang diderita itu sudah cukup membesar dengan diameter ± 20 cm , sehingga membuat perut membesar seperti hamil dan rasa sakit semakin banyak timbul baik pada bagian perut,tungkai dan anggota tubuh lainnnya.

Dari diagnosa tersebut disarankan oleh dokter untuk melakukan Tindakan Operasi Laparatomi. Giant Ovarian Cyst Laparatomy merupakan prosedur operasi yang dilakukan untuk pengangkatan kista pada ovarium yang di curigai berkembang menjadi kanker.

Setelah proses administrasi dan sebagainya persiapan operasi pun segera dilakukan,Operasi berlangsung selama ± 2 jam, Alhamdulillah kistoma ovarii berhasil diangkat secara utuh dengan berat setelah ditimbang 6 kg dan Diameter ± 20 cm. Biidznillah Pasca Operasi menjadi tolak ukur kesuksesan dalam penanganan Kista Ovarium permagna atau Giant Ovarian Cyst di RSIA Nuraida dengan dr.Lukman Hakim Muchsin,SpOG (K) MARS.

Sahabat Nuraida, Kista merupakan suatu gumpalan berisi cairan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) wanita. Operasi laparatomi merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan dalam pengobatan penyakit tersebut. Sebagaimana diriwayatkan oleh imam Muslim:

عن جابر بن عبد االله لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أَصَابَ الدَّوَاءُ الدَّاءَ، بـَرَأَ بِإِذْنِ االلهِ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya: “Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim)

“Pelayanan yang diberikan RSIA Nuraida yang cukup baik, Susternya baik-baik dan pelayanan nya juga bagus, makanan yang disajikan lezat dan suasana rumah sakitnya bersih…” menjadi kalimat penutup yang disampaikan Ny.X dari perbincangan sore hari ini dari ruang rawat inap RSIA Nuraida.